Tipe-Tipe Buruk Kader HMI Kontemporer - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Tuesday 25 April 2017

Tipe-Tipe Buruk Kader HMI Kontemporer



YakusaBlog- Organisasi merupakan salah satu wadah untuk mendapatkan proses, mencari ilmu dan saling berbagi, begitu halnya dengan rganisai Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang sering juga kader-kadernya disebut sebagai kader umat, dan organisasini perkaderan. Mengapa dikatakan HMI ini sebgai kader umat?

Jawabannya singkat, karena HMI ini sangat peduli akan tentang masalah-masalah umat, seperti halnya cepat tanggap bencana, baru-baru ini HMI Cabang Takengon turun dalam penggalangan dana bencana banjir di Kabupaten Aceh Tenggara (lihat: http://lintasgayo.co/2017/04/24/hmi-takengon-baksos-dan-salurkan-bantuan-untuk-korban-banjir-bandang-agara102939), dan HMI juga dikenal sebagai organisasi perkaderan, dikarenakan Perkaderan (Basic Training) di Himpunan ini merupakan jantung organisasi. Seperti yang diketahui, jika organisasi tanpa perkaderan maka organisasi itu tidak akan bertahan lama (lihat: Anto kader komisariat Ekonomi HmI cab. Takengon : https://www.facebook.com/anto.se.33?fref=ts).

Pada saat ini, banyak kita melihat simbol kader umat sudah mulai pudar pada kepribadian kader HMI. Banyak yang sudah tidak peduli dengan kondisi umat, dimana kesalahannya? Apakah kita sudah mulai apatis, atau mungkin disaat training kader itu tidak memahami tentang perkaderan?

Kesadaran dalam mengemban gelar kader umat sangatlah sulit, karena kita harus benar-benar peduli akan keberadaan umat, sosial bahkan bangsa ini. Menurut pandangan saya selama beberapa tahun ber-HMI, kader HMI pada saat ini dapat dikelompokkan kedalam beberapa tipe, yaitu:

1. Kader Selebritis

Kader selebritis adalah kader yang selalu memperhatikan dan terlalu mengikuti perkembangan zaman, seperti fashion, tidak perduli apakah itu fasihion atau busana yang sesuai dengan ajaran Islam atau tidak.

2. Kader Kondangan

Kader kader kondangan adalah kader yang selalu menghadiri undangan-undangan pesta, jika ada undangan yang dikirimkan, maka dia akan selalu hadir dan akan tetap hadir, beda halnya jika umat memanggil.

3. Kader Selfi & Eksis

Di manapun dan kapanpun tidak perduli, mereka akan selalu mengambil momen-momen yang menurut mereka cocok untuk dijadikan background, tidak peduli apakah kondisi yang disekitarnya memungkinkan untuk hal ini, seperti contohnya disaat mereka penggalangan dana untuk umat dipersimpangan jalan, langsung selfie dan upload ke media sosial (medsos). Jika demikian, apa yang kita lakukan kesannya hanya sekedar mencari nama dikhalayak ramai.

Masih banyak lagi tipe-tipe kader yang belum saya ketahui pada saat ini. Kader yang kita butuhkan saat ini adalah kader yang bener-benar menjunjung gelar kader umat, dan menjalankan Anggaran Dasar (AD) HMI pada pasal 4 dalam kehidupan sehari-hari.

Tulisannya ini sedikit gambaran tentang apa yang pernah dilihat disekeliling penulis pada masa lampau dan sekarang, dan semoga pada saat ini kader HMI sudah tidak seperti yang saya gambarkan tadi.[]


Penulis : Jupri Agustiawan
Kader HMI Cabang Takengon, Anggota LEPPAMI HMI Cabang Takengon

Sumber gambar: http://diskusiterbatas.blogspot.co.id/

Baca juga artikel:

No comments:

Post a Comment